Monday, April 23, 2007

Monday

Gue bukannya mau sok pake Bahasa Inggris dengan judul Bahasa Inggris. Juga bukan mentang-mentang tahu artinya Monday lalu gue bikin postingan di hari senen ini judulnya begitu. Judul itu sebenarnya mengacu pada satu episode di serial X-Files, serial sci-fi tergokil yang pernah dibuat. Episode berjudul Monday ini merupakan episode ke-14 di musim ke-6. Gue mesti nonton ini karena pengen tahu lebih banyak soal tema yang diangkat di episode menuruti apa yang dikatakan oleh sebuah website.

Sebenarnya sih gue salah nonton. Di website itu cerita kalau di episode ke-15 X-Files bercerita soal Mulder dan Scully yang terjebak pada time loop, waktu yang terus berulang. Tapi, setelah gue tonton, ternyata di episode 15 itu bukan soal itu. Di episode itu temanya soal komunitas terencana yang utopis. Tema yang juga gue cari, kebetulan sekali. Apa ini sebuah pertanda? Pertanda tai kucing dari Hongkong!

Sebenarnya tema time loop udah gue cerna di film Groundhog Day, salah satu film terbaik yang dimainkan Bill Murray. Tapi, episode X-Files lah yang ada sedikit modifikasi yang lebih enak secara sains fiksi. Di episode yang gue salah tonton, judulnya Arcadia, itu juga oke. Ternyata jauh sebelum Night M Shyamalan bikin The Village, X-Files sudah ada duluan dan lebih keren! Yah, terima kasih buat Chris Carter untuk cerita-cerita aneh bin ajaibnya. Gue jadi dapat banyak masukan dan tambah termotivasi.

No comments: