Sunday, January 13, 2008

Mereka dalam Karya Gue

Sebelum novel gue kelar, gue mau memberi tahu kepada khalayak mengenai media apa saja yang jadi inspirasi novel gue. Daftar ini hanya menyangkut media-media kreatif, buku-buku esoterik atau buku ilmiah yang sifatnya bukan fiksi nggak gue masukin. Di sini gue cuma mau memberi sebuah perspektif pada orang kalau novel yang gue tulis itu nggak lepas dari sejarah bacaan gue. Amat mungkin ada beberapa kemiripan antara novel gue dengan karya-karya berikut. Gue emang mengadaptasi plot, karakterisasi, emosi, gaya penulisan, dsb. Tapi, gue berusaha supaya realitas dan mitologi di dalam novel gue tetap unik.

Buku-buku yang memengaruhi:

Siddharta – Hermann Hesse
Cantik itu Luka – Eka Kurniawan
Godlob – Danarto
Factotum – Charles Bukowski
Choke – Chuck Palahniuk

The Invisibles – Grant Morrison
Watchmen – Alan Moore
The Killing Joke – Alan Moore
Infinite Crisis – Geoff Johns
Y: The Last Man – Brian K. Vaughan (nggak terlalu ngaruh sih, maybe next)

Film/Serial:

The Driver – Walter Hill
Collateral – Michael Mann
The Killing a Chinese Bookie – John Cassavetes
Heat – Michael Mann

(semuanya gue curi mood-nya aja)

Lost – Damon Lindelof, J.J. Abrams, Jeffrey Lieber
X-Files – Chris Carter
Coffee and Cigarettes - Jim Jarmusch
Se7en – David Fincher (jempol buat penulisnya juga; Andrew Kevin Walker)
El Topo – Alejandro Jodorowsky
8 ½ - Federico Fellini
Don’t Torture a Duckling - Lucio Fulci


Harus Baca:

Identity Crisis – Brad Meltzer
52 – keroyokan Geoff Johns, Grant Morrison, Greg Rucka, Mark Waid, Keith Giffen
Sandman – Neil Gaiman.
Nikopol Trilogy – Enki Bilal
Flex Mentallo – Grant Morrison
Hellblazer - Andy Diggle
Mystic River - Dennis Lehane



Ada rekomendasi tambahan?


kembali ke ngatas

6 comments:

ime' said...

udeeeeeehhhh... buat aja dulu novelnyaaaaa...

*btw, kayaknya novel elo rada-rada thriller yah? -wajah2 sok tau :D-*

Mikael Dewabrata said...

hehe sembari nulis ngeblog bole dong kt

macangadungan said...

huayyy... duh, banyak bukunya yg belum gw baca...itu banyakan udah tejemahan belum ya?....
gw ga bisa rekomendasi apa2..soalnya lebih senneg baca komik XDDD klo novel senengnya chicklit sama kelas2 petir en akar-nya dewi lestari

semoga sukses ya

*btw..masih inget aku ngga yaaa? :p

Mikael Dewabrata said...

inget kok. kamu kan rajin ke sini. btw itu buku yg gw baca terjemahan siddharta herman hesse. laennya linggis. tapi rata2 komik lah, gampang dibaca.

Takdir said...

Hmm..rekomendasi: Walden by Henry David Thoreau..

dah rilis novelnya? let me know ya, drop by to my blog if you had time

Thanx

Takdir said...

Hmm..rekomendasi: Walden by Henry David Thoreau..

dah rilis novelnya? let me know ya, drop by to my blog if you had time

Thanx