Sunday, November 25, 2007

Perempuan dalam Kulkas

Perempuan dalam kulkas (Women in Refrigerators) itu adalah sebuah tema kenapa perempuan senantiasa disiksa, dikerjai, dan dibunuh dalam sebuah komik. Bahasan itu (dan juga memberi daftar komik yang melakukan itu) terdapat di dalam sebuah situs. Gail Simone yang membuat situs ini, Women in Refrigerators itu mengacu pada sebuah kejadian di komik Green Lantern di mana pacarnya dibunuh dan mayatnya disesakkan ke dalam kulkas.

Situs ini jadi dorongan gue sekaligus kritik kenapa dalam banyak cerita petualangan selalu perempuan yang jadi obyek. Kalau baca postingan di blog gue, maka akan tersirat bahwa novel gue akan memakai alat plot yang sama dengan kecenderungan yang ada. Tema-tema perempuan dalam kulkas memang jadi sesuatu yang “biasa” di dunia sastra/komik/film. Baru kemarin gue nonton film Shanghai Noon, dan di situ kelihatan banget penyudutan itu.

Perkembangan novel gue sendiri lumayan signfikan. Gue sudah bisa membakukan sebuah plot yang rigid. Dengan plot ini gue akan lebih jelas mau mengarahkan cerita ini ke man. Pada dasarnya memang masih kelihatan sebuah tema perempuan dalam kulkas, tapi sedapat mungkin gue mau menaikkan itu ke permukaan. Novel gue rencananya terdiri dari 13 babak (12 babak cerita + 1 babak flashback). Tokoh utamanya satu polisi (meralat istilah detektif yang gue pakai sebelumnya), anak muda berusia 18 tahun, Anubis dewa kematian, dan beberapa tokoh-tokoh yang gue comot sekenanya dari mitologi-mitologi dunia.


kembali ke ngatas

2 comments:

mynameisnia said...

emang lo mau bikin novel fiksi? maksud gw kayak novel2 imajinasi gitu?

Mikael Dewabrata said...

iya novel fiktif dan imajinatif. kalau ga fiktif dan imajinatif aku ga bisa