Sunday, April 15, 2007

Pengaruh

Ide novel gue sebenarnya nggak baru-baru amat. Dalam bahasa Inggris mungkin genre dari tulisan ini adalah dekat dengan tema-tema post-apocalyptic atau juga yang memiliki tema dystopia. Juga ada tema yang dekat dengan cerita-cerita cyber punk ala William Gibson dkk. Jujur saja, akhir-akhir ini bacaan gue kebanyakan emang hasil donlot ebook bajakan yang punya tema kayak gitu. Tapi ide novel ini dasarnya sudah gue pikirkan sejak lama, baru demi kepentingan pengembangan ide itu gue cari-cari tema yang mungkin asing terdengar buat dibaca.

Bacaan terakhir gue adalah Y The Last Man. Ini adalah sebuah komik yang ditulis oleh Brian Vaughan, dilukis oleh Pia Guerra dan Jose Marzan, Jr. Ceritanya sendiri adalah tentang bumi masa post-apocalyptic di mana semua laki-laki tiba-tiba mati mendadak. Gue harus baca komik ini karena plot cerita novel yang sudah gue bikin takutnya akan mirip dengan karakter si Yorick. Untunglah pas gue baca karakter yang gue buat dengan si Yorick memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Tapi jujur saja Y The Last Man itu memang seperti ngasih nafas ke gue. Ceritanya memiliki alur yang mengalir tanpa ada kesan dipaksakan. Ada sih satu dua elemen dramatik yang mungkin agak terasa kebetulan, tapi itu nggak mempengaruhi cerita secara keseluruhan. Sebagai komik post-apocalyptic, kisah petualangan Yorick cs memang enak banget diikutin.

NB: buat link2 komik yang gue sebut-sebut di atas:

http://rapidshare.com/files/5082966/YLSTMAN1TO14.rar
http://rapidshare.com/files/5112671/YLSTMAN15TO24.rar
http://rapidshare.com/files/5114702/YLSTMAN25TO35.rar
http://rapidshare.com/files/5006676/YLSTMAN36TO42.rar
http://rapidshare.com/files/5007608/YLSTMAN43TO47.rar

No comments: